Type something and hit enter

Pages


Saya yakin Anda semua pasti pernah menghadapi pasangan yang marah-marah? Sebagai manusia biasa, wajar jika karena salah paham, sedang badmood, atau mungkin ada masalah besar yang membuatnya stres dan sulit mengontrol emosi.

Yang paling penting untuk diingat adalah jangan sampai kita ladeni amarahnya, karena sama saja menyiram bensin ke bara api. Masalah anda tidak akan selesai tetapi hanya akan memburuk saja. Berikut ini beberapa hal penting yang perlu kita lakukan saat pasangan marah-marah:


1. Menenangkan diri sendiri agar tak terpancing emosi

Seperti petinju, orang yang sedang marah biasanya suka membuat masalah agar lawannya membalas dengan amarah pula. Ia melakukannya sebenarnya hanya untuk mencari perhatian dari pasangan. Oleh karena itu, kita perlu tetap menjernihkan pikiran agar tidak terpancing dan memperkeruh suasana.

Bayangkan kalau pasangan kita hanya sedang stres dan tidak benar-benar marah pada diri kita. Ia hanya perlu melampiaskan emosinya sampai merasa lega. Jangan sampai kita juga ikut marah sehingga terlibat adu mulut dan akhirnya mengatakan hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

2. Memintanya mengubah posisi tubuh

Ketika pasangan marah-marah sambil berdiri, mintalah ia agar mau duduk. Misalnya dengan mengusap bahunya sambil mengarahkannya untuk duduk sejenak.

Ketika pasangan masih tetap marah dalam posisi duduk, arahkan ia untuk mengubah posisi menjadi berbaring.

"Jika salah seorang di antara kalian marah ketika berdiri, maka hendaklah ia duduk. Apabila marahnya tidak hilang juga, maka hendaklah ia berbaring." (HR Ahmad).

3. Meminta pasangan untuk berwudhu

Yang lebih baik lagi jika kita bisa mengarahkan pasangan untuk meredakan emosinya dengan mengambil air wudhu. Dengan berwudhu, pikiran akan menjadi lebih tenang. Air yang mengalir membasuh wajah bisa mendinginkan suhu tubuh dan meredakan emosi kita.

4. Jika ikut terpancing emosi, bacalah taawudz

"Jika seseorang yang marah mengucapkan; 'A'uudzu billah (aku berlindung kepada Allah SWT, niscaya akan reda kemarahannya." (HR Ibu 'Adi dalam al-Kaamil). Dengan demikian, diharapkan kita akan terlindungi dari setan-setan yang akan menyusup dalam jiwa kita pada saat kita marah.

5. Jangan pernah meladeni pasangan yang sedang marah, sebaiknya kita menahan diri dan diam saja dan tidak usah berkata-kata.

"  dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memberi maaf orang lain, dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan." (QS Ali Imran:134).

"Ajarilah, permudahlah, dan jangan menyusahkan. Apabila salah seorang dari kalian marah, hendaklah ia diam." (HR Ahmad).

Semoga tips di atas bermanfaat dan dapat dipraktekkan untuk meredakan kemarahan pasangan sehingga keluarga Anda tetap harmonis dan bahagia.