Sudah Benarkah Cara anda Menyimpan Sikat Gigi? Berikut Cara Yang Tepat untuk Menghindari Sikat Gigi anda Dari Bakteri


Alih-alih ingin menjaga kebersihan sikat gigi, penggunaan penutup sikat gigi justru membuat bakteri tumbuh subur di dalam bulu sikat

Kebiasaan baik menggosok gigi dua kali sehari tidaklah cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Cara Anda menyimpan sikat  gigi tersebut, ternyata juga punya andil pada kebersihan gigi serta mulut.

Sebagian orang berpikir bahwa memisahkan sikat gigi dari milik orang lain, memasang penutup kepala sikat dan menyimpannya di tempat tertutup akan membuat sikat gigi tersebut bersih. Hal itu justru malah menciptakan lingkungan yang baik bagi bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak.

Demikian penjelasan dari penelitian yang dilakukan oleh mahasiswi pasca-sarjana dari Quinnipiac University, Amerika Serikat, Laura Aber. Menurut Laura, kepala sikat gigi yang ditutup malah membuatnya tetap basah dan lembab. Akibatnya bakteri jadi bisa berkembang dengan baik pada kondisi seperti itu.

Cara yang benar membersihkan dan menyimpan sikat gigi menurut American Dental Association adalah membilas sikat gigi secara menyeluruh lalu simpan dalam posisi tegak dan tidak bersinggungan dengan sikat gigi lainnya. Alternatifnya gunakan kontainer yang memiliki penyekat antar sikat gigi.


Pastikan tempat penyimpanan sikat gigi  tersebut pada ruangan terbuka yang terkena udara dan menjauhi kamar mandi atau toilet.

Cara menggosok gigi juga berpengaruh pada kesehatan gigi. Menggosok gigi sembarangan malah berpotensi menjadi alat transfer bakteri dari bulu sikat ke mulut. Selain itu perhatikan juga pemilihan bulu sikat yang digunakan. Bulu sikat yang terlalu lembut tidak mampu membersihkan gigi dari kotoran serta bakteri, utamanya pada sela gigi.

Menggosok gigi yang disarankan adalah dengan melakukan gerakan memutar, bukannya ke atas-bawah atau ke kiri-kanan. Mulailah menggosok gigi dari gigi bagian depan baru kemudian ke seluruh bagian gigi, terutama sela-sela gigi.

Dan Jangan Lupa untuk Ganti sikat setiap 3-4 bulan sekali

Bulu sikat gigi akan mengembang karena dipakai dan dibersihkan. Otomatis keefektifan pembersihannya pun akan berkurang.

Kerusakan sikat gigi tentu saja bergantung dari cara pemakaian masing-masing individu. Gantilah sikat bila memang bulu sikatnya sudah mengembang. Dan biasanya sikat gigi anak lebih cepat rusak dan kotor dibanding orang dewasa.

Semoga bermanfaat.