INGAT!! Jangan Bungkus Daging Kurban dengan Kantung Plastik Hitam!


Dinas Peternakan & Perikanan Kabupaten Bogor bersama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) mengimbau agar daging kurban tidak dimasukan kedalam kantung kresek berwarna hitam.

Dosen Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Yusuf Ridwan, menyatakan, kantong kresek berwarna hitam mengandung zat pewarna yang bisa tercampur dengan daging dan disinyalir mengandung zat karsinogenik dan bisa menyebabkan kanker. Dalam proses pembuatan plastik biasanya ditambahkan senyawa Penta Chlorooro biphenyl (PCB) yang berfungsi sebagai satic agent.


Keracunan PCB dapat menimbulkan penyakit Yusho. Tanda dan gejala dari keracunan akibat penggunaan kantong kresek warna hitam yaitu timbulnya  benjolan-benjolan pada kulit, tangan dan kaki lemas, gangguan pada perut.

Pada ibu hamil bisa mengakibatkan kematian bayi dalam kandungan, serta bayi lahir cacat. Pengaruh keracunan dalam jangka panjang oleh PCB antara lain kematian jaringan hati serta kanker hati.

Bahaya menggunakan kantong plastik berwarna memang tidak langsung terasa, karena efek karsinogeniknya bersifat jangka panjang. Karena itu, dihimbau agar pada pelaksanaan kurban agar tidak menggunakan plastik kresek warna hitam sebagai pembungkus daging. Karena dikhawatirkan daging kurban segar yang masih basah akan terkontaminasi senyawa PCB. Jika memang membutuhkan kemasan plastik, gunakanlah kantung plastik yang tanpa warna atau transparan.

sekali lagi, Tolong ingatkan ke panitia qurban untuk tidak menggunakan plastik hitam! Sebarkan dan informasikan ke yang lain!!

Via : erte erwe