JANGAN Nyalakan atau Matikan AC Mobil Dalam Kondisi Ini! Bantu SHARE ya


Banyak pengguna kendaraan roda empat yg tidak tahu bahwa menyalakan atau mematikan AC (air contitioner) mobil waktu berkendara dengan putaran mesin tinggi itu beresiko. Bukanlah bakal mencelakakan Anda, namun pendingin ruang mobil jadi cepat rusak atau tak dingin.


Menurut Rustam dari bengkel spesialis AC mobil di kawasan Duren Sawit, bila pemakai mobil sering menyalakan serta mematikan AC mobil dalam waktu berkali-kali dalam sebagian jam serta kendaraan itu sedang jalan dengan kecepatan tinggi, karena bakal terjadi perubahan putaran mesin serta beban kompresor mendadak besar.

“Jika dilakukan berulang kali, misalnya kurun waktu 30 menit saat di jalan tol Anda kian lebih dua kali mematikan serta menyalakan AC, jadi akan terjadi gesekan keras antar pulley serta pressure plate pada kompresor AC. Nanti komponen magnet clutch di kompresor bakal cepat terkikis serta akhirnya rusak, ” tutur pria asal Sukabumi itu pada KompasOtomotif akhir minggu lantas.

Rustam menganjurkan, untuk pemakai mobil sebaiknya bila mematikan serta menyalakan AC itu saat kendaraan dalam posisi diam. Namun bila kondisinya memanglah mesti menyalakan atau mematikan saat jalan jadi harus dikerjakan penurunan kecepatan.

“Sebaiknya bila memang tak utama-penting sekali tunggulah waktu mobil berhenti saja. Peristiwa seperti ini kerap berlangsung terlebih mereka yang merokok didalam mobil serta kesukaannya kerap menyalakan serta mematikan AC. Kekuatan AC mobil bakal jadi berkurang, ” tuturnya.