Type something and hit enter

Pages


Tulang yang kuat adalah salah satu syarat agar aktivitas Anda tetap aktif. Selain itu, tulang yang kuat juga akan membantu melindungi organ dalam tubuh. Kalsium dan vitamin D adalah dua nutrisi kunci yang dibutuhkan tubuh untuk menguatkan tulang.

Kalsium adalah mineral penting untuk menguatkan tulang dan gigi. Oleh karena itu,  anak-anak dalam masa pertumbuhan diminta untuk banyak mengonsumsi kalsium. Sedangkan vitamin D, akan membantu menyerap kalsium dan meningkatkan kesehatan tulang. Semua kunci penting untuk meningkatkan kekuatan tulang adalah lewat konsumsi makanan yang tepat.


Makanan yang harus dikonsumsi adalah makanan yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D serta protein. Beberapa di antaranya adalah susu dan produk turunan susu, telur dan lainnya. Bagaimana kalau tak doyan susu dan produk lainnya?

Mengutip Boldsky, berikut beberapa alternatif makanan yang kaya akan sumber kalsium dan bisa menguatkan tulang.

1. Yoghurt

Yoghurt mengandung vitamin D. Satu cup yoghurt setiap hari akan memenuhi kebutuhan kalsium dan menguatkan tulang. Selain itu, ini akan membantu mengurangi risiko osteoporosis.

2. Almond

Mengonsumsi satu cup almond setiap hari akan memenuhi kebutuhan 18 persen kalsium setiap hari. Almond tak cuma akan menguatkan tulang tapi juga membantu membuat Anda lebih mudah menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung.

3. Salmon

Salmon bisa menambah kebutuhan harian Anda akan vitamin D. Ikan ini juga mengandung vitamin B12 dan kalsium. Manfaat lainnya, konsumsi ikan salmon bisa mencegah kanker serta meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.

4. Bayam

Bayam adalah pilihan tepat untuk Anda yang tak suka atau tak bisa mengonsumsi produk susu. Bayam mengandung 25 persen kebutuhan kalsium tubuh.

5. Brokoli

Brokoli adalah sayuran super yang kaya akan vitamin K serta kalsium. Sayuran ini juga bagus untuk kesehatan tulang dan kekuatan tulang. Menambahkan brokoli dalam diet harian Anda akan membantu mencegah osteoporosis dan meningkatkan sistem imun.

6. Jus jeruk

Menikmati segelas jus jeruk setiap pagi adalah cara paling baik untuk memulai hari Anda. Jeruk mengandung vitamin C dan juga kalsium. Jeruk memenuhi kebutuhan enam persen kalsium tubuh.