Mengapa Daun Pisang Populer sebagai Bungkus Makanan? INI ALASANNYA


Daun pisang adalah salah satu daun yang memiliki banyak fungsi. Jika kalian hidup dipedesaan pastinya kalian tidak asing dan hampir setiap hari bertemu dengan daun pisang. Yups benar sekali, daun pisang sering sekali di gunakan untuk membungkus makanan. Biasanya makanan yang dibungkus adalah jenis makanan tradisional.

Membungkus makanan dengan daun pisang ternyata sudah digunakan oleh nenek moyang kita sejak ribuan tahun lalu. Namun manfaatnya masih dapat kita rasakan hingga saat ini. Lalu kenapa yang dipakai untuk membungkus makanan adalah daun pisang bukan daun dari pohon atau tanaman lainnya. Nahh ada beberapa alasan kenapa daun yang digunakan adalah daun pisang bukan daun dari pohon lainnya. Kalian penasaran? Berikut alasannya.


Inilah Alasan Mengapa Makanan Di Bungkus Dengan Daun Pisang

1. Bebas kimia

Daun pisang merupakan bungkus yang alami tanpa adanya bahan kimia. Daun pisang juga tidak perlu banyak pembersihan, hanya perlu mencuci dengan sedikit air dan dibersihkan dengan kain. Beda dengan halnya piring yang harus dicuci dengan banyak air dan sabun yang pastinya mengandung banyak bahan kimia. Bahan kimia yang tertinggal di piring bisa mengontimasi makanan.

2. Bermanfaat untuk kesehatan

Daun pisang mengandung senyawa yang disebut Polifenol, seperti EGCG yang juga dapat kita temukan di teh hijau. Polifenol sendiri merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mencegah penyakit. Selain itu daun bisa juga dapat membunuh bakteri yang terdapat di makanan. Makanan yang di bungkus dengan daun pisang akan menyerap Polifenol yang terkandung dalam daun pisang.

3. Membuat makanan lebih beraroma

Lilin yang terdapat didaun pisang akan memberikan aroma tersendiri bagi makanan ketika makanan tersebut masih panas. Aroma yang dihasilkan daun pisang membuat orang menjadi lebih berselera untuk menyantap makanan tersebut.

Demikianlah Alasan Mengapa Makanan Di Bungkus Dengan Daun Pisang. Semoga dengan adanya informasi ini kalian tidak lagi penasaran kenapa makanan di bungkus dengan daun pisang bukannya dengan daun dari tanaman lainnya. Semoga informasi diatas bermanfaat dan terimakasih.