BEGINI CARANYA Diagnosa Kondisi Kesehatan Lewat Kaki


Bentuk kaki ternyata dapat menjadi petunjuk yang membantu dokter mendiagnosa berbagai masalah kesehatan. Begitu pula dengan masyarakat awam, dapat mencermati bentuk kaki mereka untuk mengecek kondisi kesehatan masing-masing.

Seperti yang dilansir dari Everydayhealth pada Selasa, 15 Desember 2015 ada beberapa tanda yang dapat mengindikasikan sebuah penyakit.


Jika Anda menemukan salah satu tanda-tanda atau gejalanya terdapat di kaki, sebaiknya segera periksakan ke dokter, segera. Berikut ciri-cirinya:

Kulit Kering dan Mengelupas

Kulit cenderung berubah menjadi kering saat terjadi perubahan cuaca. Tapi, cermati saat kulit di sekitar tumit dan mata kaki menjadi kering dan cenderung retak-retak yang mengakibatkan terkelupas.

Mungkin ini merupakan tanda-tanda kelenjar tiroid sedang mengalami gangguan Kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang mengontrol laju metabolisme, tekanan darah, pertumbuh jaringan dan fungsi sistem saraf. Biasanya gejala ini disertai dengan gejala berat badan, kebas pada tangan dan gangguan pada penglihatan.

Bulu-Bulu pada Jari Menjadi Botak

Baik laki-laki maupun wanita pada umumnya memiliki bulu-bulu halus pada jari kaki mereka. Saat jari-jari kehilangan rambut dan akhirnya menjadi botak sepenuhnya ini dapat menjadi tanda aliran darah sedang tidak lancar.

Salah satu penyebab pasokan darah menjadi tidak memadai ke arah kaki dan jari-jarinya adalah penyakit arteri perifer. Jika tidak segera diobati, kondisi ini dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Bahkan dalam keadaan yang lebih parah dapat berisiko amputasi. Hal ini dapat dicegah dengan mengurangi rokok, menjaga diet seimbang dan olahraga teratur. Hindari pula hipertensi dan diabetes, karena akan sangat berkontribusi pada penyakit ini.

Kaki Mati Rasa

Saat kaki mengalami mati rasa hal itu terjadi karena kurangnya aliran darah yang juga disebabkan arteri perifer. Biasanya Anda mengalami mati rasa di kaki saat duduk di satu posisi dalam waktu lama.

Tapi jika itu terjadi secara teratur atau saat sedang aktif bergerak bisa menjadi penanda dari neuropati periferal atau yang berkaitan dengan diabetes tipe 2. Diabetes menghalangi aliran darah sampai pada bagian kaki, yang berarti luka dan membutuhkan waktu lama untuk menyembuhkannya. Sehingga sangat rentan pula terhadap infeksi.

Flek Hitam atau Garis di Bawah Kuku Kaki

Perubahan warna gelap pada kuku, seperti garis vertikal hitam atau cokelat di bawah kuku menjadi penanda melanoma tersembunyi.

Gejala kanker semacam ini acapkali diabaikan dan tidak segera diatasi. Selain itu, perubahan warna kuku juga dapat disebabkan karena infeksi jamur. Sebaiknya amati warna kuku setiap kali memotong kuku.